Inilah perbedaan antara es batu dari air mentah Dan dari air matang

Disaat musim pancaroba ataupun disaat musim kemarau di iklim tropis seperti diInodnesia ini, tentu cuaca panas dan gerah akan selalu dirasakan semua orang. Hal tersebut tentunya akan membuat siapa saja menjadi cepat haus, sehingga ingin sekali minum minuman yang menyegarkan. Beberapa minuman menyegarkan bisa kita dapatkan dari minuman botol yang disimpan dan lemari es, bisa juga kita dapatkan dari membeli es cendol atau es yang lain yang dijual di pasaran.

Dengan meminum minuman tersebut tentu saja rasa haus yang kita rasakan menjadi lega. Namun pernahkah anda berpikir bahwa minuman yang anda minum tersebut sudah higienis atau terhindar dari bakteri? Dan terutama minuman yang dicampur dengan es batu untuk mendinginkannya?

Banyak kabar yang beredar bahwa meskipun es batu yang dibuat dari air mentah itu sudah aman untuk dikonsumsi. Namun sebenarnya esbatu yang dibuat dari air mentah itu tidak aman untuk dikonsumsi, pasalnya masih terdapat berbagai bakteri yang berbahaya bagi tubuh, dan salah satunya adalah bakteri e-coli

Bakteri e-coli salah satu bakteri yang sering menyerang usus besar manusia. Bakteri jenis ini tidak akan mati jika hanya dibekukan pada suhu 0°C, dia mulai akan mati apabila dibekukan pada suhu diatas -18°C. Untuk itu air yang dibekukan menjadi es batu saja tidak akan membunuh bakteri tersebut. Untuk itulah kita perlu waspada jika minum minuman yang dicampur dengan es batu yang dibuat dari air mentah atau air yang belum dimasak.

Lantas bagaimana cara membedakan es batu yang dibuat dengan air mentah Dan air yang sudah dimasak?

Jika kita dapat membedakan antara es batu yang dibuat dari air mentah dengan yang dibuat dari air yang sudah matang tentu kita akan menghindari es batu yang dibuat dari air mentah. Maka dari itu anda harus tahu akan ciri-ciri dari perbedaan kedua es batu tersebut. Dan berikut perbedaan es batu yang dibuat dari air mentah dengan air yang sudah dimasak dari BPOM RI.

Es batu yang dibuatnya menggunakan air mentah akan memiliki warna putih mencolok atau putih cerah, karena kandungan gas yang masih tersimpan didalamnya.

Sedangkan untuk es batu yang dibuatnya menggunakan air higienis atau air yang sudah matang memiliki warna bening, hal ini dikarenakan kandungan gasnya sudah hilang.

Dan biasanya es batu yang terbuat dari air mentah adalah es batu yang mempunyai ukuran besar atau es batu balok. Untuk itu jika anda menemui es batu yang masih memiliki warna putih cerah sebaiknya menghindarinya, karena masih mengandung bakteri seperti E-coli sehingga es batu tersebut tidak layak untuk kita konsumsi.

Demikian penjelasan singkat mengenai perbedaan es batu yang dibuat dari air mentah/tidak higienis dengan es batu yang dibuat dari air yang sudah matang. Cukup sekian dan semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: srmrs11213

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *